Diberdayakan oleh Blogger.

Siasat Sehat Di tempat Kerja




SIASAT SEHAT DI TEMPAT KERJA


Kerja berlebihan bisa menjadi biang masalah. Jangan biarkan Anda menjadi sakit karenanya. 

Aktivitas bekerja, menonton film atau bermain game sering membuat kita lupa bahwa mata dipaksa bekerja secara berlebihan di depan komputer. 

Seperti yang dilaporkan dari dailymail.co.uk, menurut Chartered Society of Physiotherapy sebanyak 448.000 pekerja Inggris memiliki masalah serius dengan repetitive strain injury atau cedera pada persendian karena ketegangan pada otot dan saraf. 

Selain itu, sekitar 50-90 persen pekerja yang bekerja di depan komputer menderita ketegangan mata yang menyebabkan mata berair maupun kering, kepekaan terhadap cahaya, hingga sakit kepala. 

Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam memfokuskan objek pandang atau otot-otot mata rileks, yang sebenarnya merupakan indikasi kesehatan mata sedang terganggu. 

Jika Anda termasuk pekerja yang bekerja di depan komputer hampir sepanjang hari, perhatikan beberapa hal penting ini. 

Jaga jarak Anda dari monitor 
Ketika duduk di depan meja komputer, punggung Anda harus lurus dan siku ditekuk pada sudut 90 derajat. Layar monitor yang terlalu dekat berbahaya bagi kesehatan mata, maka aturlah jarak terbaik mata ke monitor Anda yaitu sekitar 50-60 sentimeter. Menyesuaikan jarak pandang ke monitor membantu mengoptimalkan kenyamanan Anda dan meminimalkan ketegangan mata dan sakit leher. 

Anda juga bisa memainkan pre-set display mode untuk mengatur pencahayaan monitor menjadi lebih redup atau menambahkan filter glass monitor untuk mengurangi efek silau sinar dan radiasi pancaran layar monitor yang membuat mata rusak dan cepat lelah. 

Istirahatkan mata dan tubuh 
Mungkin Anda tipe pekerja yang duduk dan menatap layar computer selama berjam-jam. Saat tubuh mulai lelah atau mata terasa pedas, biasakanlah berjalan ke pantry untuk mengambil air atau pergi ke toilet untuk meregangkan anggota tubuh. 

Jangan memaksa mata selalu menatap monitor dalam waktu lama. Istirahatkan mata dengan aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit, Anda harus melihat objek lain sejauh 20 meter selama 20 detik. Latihan ini dapat mengendurkan otot-otot mata yang lelah. 

Pilih tangga daripada lift 
Jika kantor terletak di lantai 2 atau 3, cobalah biasakan naik tangga daripada lift. Hitung-hitung Anda dapat membakar 10-20 kalori. 

Makan dan minum secara teratur 
Minum air secara teratur sepanjang hari akan membantu Anda tetap terhidrasi dan mencegah sakit kepala. Selain itu, atur pola makan sehat memberikan nutrisi penting untuk mata Anda. 

Dengan mengaplikasikan tips sederhana ini, Anda dapat melindungi tubuh dan mata secara efektif. Jangan sampai kesehatan Anda terganggu, sebab bekerja dan olahraga itu harus dilakukan secara seimbang.

0 komentar:

Posting Komentar