Diberdayakan oleh Blogger.

4 Selebriti Ini Akhirnya Bebas Dari Rokok


4 SELEBRITI INI AKHIRNYA BEBAS DARI ASAP ROKOK



Sebuah kebiasaan bila sudah dilakukan selama bertahun-tahun, memang sulit dihentikan. Tapi empat selebriti ini berhasil terbebas dari rokok. 

Salah satu kebiasaan negatif yang ingin dihentikan setiap orang, namun kadang sulit dilakukan adalah kebiasaan merokok. Apakah Anda salah satu salah seorang dari mereka? 

Tenang, Anda tidak sendiri. Banyak orang yang punya keinginan berhenti merokok, tapi masih belum berhasil. Atau memang sempat berhenti, tapi hanya sementara. 

Lalu mengapa merokok sulit dihentikan, bahkan menjadi candu bagi setiap orang yang sudah mencicipinya? Menurut situs Helpguide.com, merokok tembakau merupakan kecanduan fisik dan kebiasaan psikologis. 

Nikotin dari rokok yang bersifat sementara itu mengandung zat adiktif nikotin cukup tinggi, sehingga memberi efek “merasa baik” pada otak. Kemudian timbullah persepsi, bila efek itu membantu Anda lepas dari rasa depresi, kecemasan, atau kebosanan. 

Meski memberi sugesti rasa nyaman, tapi rokok ditentang oleh ahli kesehatan. Pasalnya nikotin yang terkandung dalam tembakau akan mengotori organ dalam tubuh, dan berujung pada penyakit, seperti kanker, jantung, paru-paru dan lainnya. 

Pastinya, Anda tidak mau tubuh digerogoti penyakit karena kebiasaan menghisap rokok? Meski banyak yang mengatakan berhenti merokok amat sulit, bukan berarti tidak mungkin dilakukan. 

Asal memiliki tekad dan tetap memegang komitmen, tidak ada yang mustahil. Layaknya beberapa selebriti ini. Mereka pernah menjadi pecandu rokok, tapi akhirnya berhasil berhenti merokok secara total dengan berbagai cara. 

Mungkin Anda perlu belajar dan “mencuri” trik-trik jitu mereka, bagaimana bisa sukses menghilangkan kebiasaan merokok. Berikut empat selebriti dan kisah sukses mereka berhenti merokok: 

1. Jennifer Aniston, aktris 
Aktris yang melejit lewat serial Friends, Jennifer Aniston (45 tahun), merupakan pecandu rokok selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya tahun 2007, mantan istri dari Brad Pitt ini melakukan detoks ekstrim demi membersihkan tubuhnya. 

Ia pun berhasil mengucapkan selamat tinggal pada rokok dan kafein. Dikutip dari Everydayhealth.com, Aniston membeberkan rahasia dirinya bisa terlepas dari candu nikotin dengan mengikuti olahraga yoga yang dipandu seorang instruktur bernama Mandy Ingber. 

“Dia (Mandy) membawa yoga dalam hidup saya, dan itu benar-benar mengubah hidup saya. Yoga salah satu latihan menyenangkan yang pernah kujalani,” ucapnya seperti yang dikutip dari buku Yogalosophy

2. Barrack Obama, Presiden Amerika Serikat 
Sejak remaja, Barack Obama (53 tahun) seorang pecandu rokok. Kebiasaan negatif itu berlangsung bertahun-tahun sampai akhirnya ia bisa menghilangkan ketergantungan rokok. 

Obama menghentikan kebiasaan merokok ketika ia bertekad untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat tahun 2008. Saat itu sang istri, Michele Obama, memberi sebuah persyaratan, jika dia ingin mencalonkan diri sebagai Presiden maka ia harus berhenti merokok terlebih dahulu. 

Berkat dukungan istri dan kedua putrinya, Malia dan Sasha, Obama perlahan menghentikan kebiasaan merokok setelah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Hingga pada tahun 2011, dokter yang menangani Obama, Captain Jeffrey Khulman secara resmi mengungkapkan bahwa Presiden yang pernah tinggal di Indonesia itu sudah total berhenti merokok. 

Obama berhasil berhenti merokok dengan terapi pengganti nikotin di salah satu obat yang dikonsumsinya. 

3. Indro Warkop, komedian 
Berkat dorongan keluarga terutama sang putri, Indrodjojo Kusumonegoro atau biasa disapa Indro Warkop berhasil meninggalkan kebiasaan merokok yang sudah dijalani selama bertahun-tahun. 

Sebelum 100 persen berhenti merokok pada tahun 1998, komedian berusia 55 tahun ini biasanya mengkonsumsi 5 bungkus rokok sehari. Akibat kebiasaan merokok di masa lalu itu, penggemar berat motor gede (moge) Harley Davidson ini terpaksa menjalani operasi baypass jantung tahun 2005. 

4. Rima Melati, aktris senior 
Siapa sangka, artis senior Rima Melati (74 tahun) Pernah menghisap rokok dua bungkus sehari. Sampai akhirnya, penyakit kanker usus dan payudara mengancam hidupnya tahun 1981. 

Diakuinya secara gamblang, rokok adalah penyebab dirinya terkena kanker usus dan payudara. Dan, sejak diberi kesempatan hidup, dan sembuh dari segala penyakit mematikan tersebut, istri dari Frans Tumbuan ini berkomitmen untuk berhenti merokok sampai sekarang. 

Tidak hanya itu, ia pun kerap memberi nasehat pada kaum muda untuk menghentikan kebiasaan merokok sejak dini. 

Semoga kisah di atas dapat memotivasi Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok. Dengan niat dan kemauan yang kuat, Anda pun bisa sukses menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Selamat hari tanpa tembakau sedunia!


0 komentar:

Posting Komentar